Senin, 03 Oktober 2016

SISTEM OPERASI

Nama : Anas Rashidi
NPM : 51414008
Kelas : 3IA19

Berdasarkan Data yang di Olah

 

A.    Komputer Analog
Komputer analog atau dalam bahasa Inggris disebut analog computer adalah komputer yang beroperasi secara paralel/analog untuk mengolah program dan data yang bersifat kontinyu, data berupa kuantitatif (temperatur, tekanan udara, arus listrik dsb). Komputer jenis ini kerap kali digunakan dalam pengendalian industri berbasiskan kimia, penyulingan minyak, pembangkit listrik serta bagian rumah sakit yaitu untuk memantau denyut jantung pasien.

Ciri komputer analog adalah:
1.      Data yang diolah merupakan data kualitatif (pengolahan dilakukan atas pulsa kontinyu).
2.      Digunakan dalam proses pengawasan suatu pengolahan.
3.      Bekerja secara kontinu dan parallel.
4.      Tidak memerlukan bahasa perantara.
5.      Mengolah data dalam bentuk fisik.
6.      Keluaran yang dihasilkan biasanya dalam bentuk gafik.

Kelebihan dari komputer analog:
1.      Pengolahan data yang cepat
2.      Dapat melakukan pengontrolan secara otomatis pada proses industri
3.      Hasil data pengukuran yang akurat
4.      Disebut sebagai komputer dengan label special-purpose
5.      Dapat melakukan representasi terhadap besaran yang akan atau sudah diproses dengan rentang nilai tertentu yang telah disesuaikan dengan nilai besarannya

Kekurangan dari komputer analog:
1.      Saat melakukan pemrosesan terkadang kurang tepat
2.      Tidak terstruktur dan kurang multifungsi sehingga terbatas pada pemakaian tertentu
3.      Hanya dapat digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang spesifik (khusus)
4.      Kurang akurat untuk memproses data ataupun program yang notabene merupakan angka-angka
5.      Memiliki komponen yang cukup banyak sehingga tidak efisien 

Contoh: Amperemeter, Voltmeter, Barometer, Termometer, alat hitung pengukur suhu, alat hitung pengukur kecepatan,  pengukur  arus,, pengukur temperature, pengukur tekanan, dll.


B.     Komputer Digital
Komputer Digital adalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1. Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit.

Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu:
1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri,
3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk,
4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. 

Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.

Ciri-ciri komputer digital :
1.      Variabel dalam komputer ini dinyatakan dengan angka-angka
2.      Data dari digital komputer biasanya berupa simbol yang memiliki arti tertentu, misalnya: simbol aphabetis yang digambarkan dengan huruf A s/d Z ataupun a s/d z, simbol numerik yang digambarkan dengan angka 0 s/d 9 ataupun simbol-simbol khusus, seperti halnya: ? / + * & !.
3.      Memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman)

Kelebihan dari komputer digital:
·         Keakuratan memproses data yang lebih besar dibanding komputer analog
·         Dapat melakukan aktivitas operasi logika dengan membandingkan dua buah nilai serta menentukan hasilnya
·         Dapat melakukan penyimpanan data
·         Dapat melakukan editing terhadap data yang telah dimasukkan
·         Data yang dihasilkan dari komputer ini dapat berupa huruf, angka, grafik maupun angka

Contoh: Calculator, Apple IIe, IBM PC.

C.    Komputer Hybrid
Hybrid Computer  adalah komputer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif. Komputer ini merupakan gabungan antara komputer analog dan komputer digital. Komputer hybrid merupakan computer yang bekerja secara kualitatif dan kuantitatif karena merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital.
Kelebihan
·         Komputer ini lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog.
Contoh : komputer yang digunakan pada robot-robot yang dipakai sebagai pekerja pada pabrik serta digunakan oleh berbagai rumah sakit yang digunakan untuk memeriksa keadaan tubuh dari pasien yang pada akhirnya komputer bisa mengeluarkan berbagai analisa yang disajikan dalam bentuk gambar, grafik ataupun tulisan.

Berdasarkan Ukuran
A.    MainFrame
Komputer Mainframe adalah komputer yang digunakan terutama oleh organisasi-organisasi besar untuk aplikasi kritis, pengolahan data massal seperti sensus, industri dan statistik konsumen, perencanaan sumber daya perusahaan dan proses transaksi.
Istilah awalnya disebut lemari besar yang disebut "frame utama" yang bertempat central processing unit dan memori utama komputer awal. Kemudian, istilah ini digunakan untuk membedakan mesin komersial high-end dari unit kurang kuat. Kebanyakan arsitektur sistem komputer berskala besar didirikan pada tahun 1960, namun terus berkembang.
Komputer Bingkai Utama (Mainframe) memiliki keunggulan bukan hanya dalam kecepatan pengolahan data, melainkan juga kompabilitas dengan berbagai aplikasi dan juga ketangguhannya. Mesin ini dapat bekerja dalam waktu lama tanpa interupsi sama sekali. Faktor inilah yang menjadi alasan bagi perusahaan untuk menggunakan mainframe. Biaya yang harus ditanggung akan menjadi sangat besar apabila mesin operasional harian berhenti berjalan.
Pada tahun 1960an, Komputer Bingkai Utama tidak memiliki fitur interaktif. Pengguna harus menggunakan kartu magnetik dan menjalankan proses akhir hari secara manual dengan mengetikkan instruksi satu per satu. Di awal 1970 mainframe mulai memiliki interface yang interaktif dan memudahkan pengguna. Pada masa ini pula pengguna mainframe tetap dapat melakukan akses pada saat proses akhir hari berjalan. Pengguna melakukan akses ke mainframe melalui terminal khusus. Baru beberapa puluh tahun belakangan ini pengguna dapat mengakses mainframe melalui komputer personal dengan menggunakan emulator sebagai perantara.

 
Kelebihan:
1.      Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu.
2.      Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user).
3.      Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan.
4.      Menggunakan teknologi time sharring.
5.      Kecepatan kerja processornya hingga 1 GOPS (Giga Operations Per Second)

6.      Kekurangan:
7.      Karena ukurannya sangat besar, maka diperlukan ruangan yang sangat besar untukmenyimpannya.
8.      Harganya sangat mahal
9.      Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
1.  Kerjanya sangat lama 
·         Membutuhkan daya listrik yang sangat besar
Contoh : IBM System/360IBM System(ESA)/390Honeywell-Bull DPS 7

B.     MiniComputer
Komputer yang digunakan untuk banyak pemakai (multiuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.

Ciri - ciri Mini Computer :
1.      Kemampuannya lebih besar dibandingkan  komputer mikro karena Micro Processornya yang digunakan untuk memproses data jauh lebih unggul.
2.      Ukuran fisiknya dapat sebesar lemari kecil.

Keunggulan Mini Computer (Komputer Mini)
1.      Dapat digolongkan lagi menjadi mini-mini komputer, midi-mini computer, maxi-mini computer dan super mini komputer tergantung dari kemampuannya
2.      Ukuran main memory berkisar 4 MB sampai lebih dari 128 MB
3.      Konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, 32 bit atau 64 bit
4.      Umumnya multi user ( pemakainya banyak)
5.      Bentuk dari komputer mini cukup kecil, dapat dipindah-pindah dan dapat diletakkan di rumah kecil
6.      Harganya relative lebih mahal daripada komputer mikro tergantung dari banyaknya terminal dan alat input serta ouputnya, harganya mulai dari Rp. 15 juta
7.      Mulai digunakan thn 1960 sebanyak 5000 komputer dan tahun 1970 jumlah ini telah meningkat sampai dengan 10000 komputer
8.      Diterapkan terhadap aplikasi pengendalian produksi, riset laborotarium dan komunikasi data

Contoh : PDP-8 (Programmable Data Processor 8), PDP-11 (Programmable Data Processor 11), VAX ( Virtual Address eXtension ), Xerox Star, IBM System/370.

C.    MikroComputer
Komputer mikro adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit8-bit, atau 16-bit (dibandingkan denganminicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframeminicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframeatau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran.
Ciri - ciri Micro Computer :
1.      Pada awalnya diciptakan  hanya untuk memenuhi kebutuhan personal/single user karena kemampuan dan teknologi yang sangat terbatas.
2.      Dalam perkembangannya dengan menggunakan konsep LAN sehingga komputer mikro dapat digunakan untuk multi user.

Kelebihan Microcomputer :
1.      Relatif murah
2.      Paket software murah dan banyak.
3.      User friendly
4.      Biaya maintenance kecil
5.      Bagian dari proses terdidtribusi

Kekurangan Microcomputer :
1.      Multitasking kurang
2.      Storage dan memori terbatas
3.      Sistem lebih kecil (bahasa terbatas)
4.      Software banyak bajakan
5.      Rentan terhadap penduplikasian data 

Contoh Microcomputer yang beredar dipasaran :
1.      Dekstop PC
2.      Laptop
3.      PDA (Personal Digital Assistant)

Berdasarkan Penggunaan :
A.    Komputer untuk tujuan umum (General purpose computer).
General Purpose Computer merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum dan digunakan setiap hari, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.
Komputer jenis ini dapat menggunakan berbagai software, bermacam-macam langkah yang saling menyempurnakan, termasuk didalamnya penulisan dan perbaikan (word-processing), manipulasi fakta-fata didalam database, menyelesaikan pelbagai perhitungan ilmiah, ataupun mengontrol sistem keamanan organisasi, pembagian daya listrik serta temperatur.
Walaupun general purpose computer dapat diprogram untuk digunakan dalam beberapa fungsi, tetap mempunyai batasan-batasan dalam hal kemampuan, ukuran ataupun persyaratan. Sebagai contoh, general purpose computer tidak bisa digunakan untuk memproses perhitungan seluruh data statistik yang dibutuhkan untuk peramalan cuaca ataupun pengetesan pesawat terbang.
 Contoh : PC dan Laptop.

B.     Komputer untuk tujuan khusus (Special purpose computer).
Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem.
Special purpose pada awalnya merupakan general-purpose, yang digunakan secara khusus dan disesuaiakan dengan konfigurasi ataupun peralatan didalamnya yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Sebagai contoh konfigurasi dari special purpose computer yang digunakan pada sistem komputer berskala besar adalah front-end processor; yang digunakan untuk mengontrol fungsi input dan output dari komputer utama. Contoh lain dari special purpose computer adalah adalah back-end processor, yang mengambil data dari storage serta meletakkan dan mengaturnya kembali kedalam storage. Dedicated processor juga merupakan special purpose computer yang bagian dalamnya telah dirubah sedemikian rupa agar memiliki fungsi khusus. Dedicated processor dirancang sedemikian rupa agar bisa digunakan untuk menyelesaikan langkah dan proses khusus, dimana hal ini bisa ditemui pada: pelbagai robot yang digunakan pada pabrik, mesin-mesin kesehatan dipelbagai rumah sakit serta aneka video game.
 Contoh : Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb.

Referensi :
http://comp4world.blogspot.com/2016/05/ciri-ciri-dan-contoh-micro-computer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar