Rabu, 23 Maret 2016

Membuat Web Dinamis Menggunakan CGI

Common Gateway Interface (CGI) merupakan pemrograman untuk web yang paling tua.CGI juga merupakan pemrograman web yang paling banyak digunakan saat ini. Bagaimana sesungguhnya CGI itu dibuat, dan apa yang membuat CGI begitu popular dalam pemrograman web?
·        
Sejarah CGI

CGI(Common Gateway Interface) merupakan sript tertua dalam bidang pemrograman web. Script bisa didefinisikan sebagai rangkaian dari beberapa instruksi program. Untuk membuat script CGI yang dapat dijalankan pada web tentunya diperlukan pengetahuan pemrograman. Namun sebelum memasuki pemrograman CGI ada baiknya kita mengetahui beberapa hal mengenai CGI terlebih dahulu.
Mengapa demikian Gateway ? Gateway dalam networking merupakan perantara suatu jaringan lokal dengan jaringan diluarnya. Program CGI memang menjadi gateway, atau lebih tepatnya perantara dengan aplikasi lainnya.
CGI digunakan untuk menjadi pengantara antara web server dengan program aplikasi. Contoh kasusnya adalah pada saat mengkases suatu database dengan program CGI, maka dalam hali ini dapat dikatakan program CGI merupakan gateway antara web server dengan program database.
CGI sendiri telah muncul sejak teknologi web diperkenalkan di dunia pada awal tahun 1990, bersama-sama dengan kemunculan CERN, web server pertama di dunia. CGI disediakan sebagai tool, atau perlengkapan untuk membuat program web. CGI digunakan untuk membuat program-program tampilan web yang lebih interaktif, koneksi ke database bahkan membuat game.
CGI pada masa-masa awalnya dibuat dengan bahasa C, bahasa yang juga digunakan untuk membuat web server pertama, yaitu CERN, CGI kemudian di adopsi oleh NCSA (National Ceter for Supercomputing Application) web server, dan hingga kini masih digunakan pada Apache Erb server , web server yang palinh banyak diguanakan oleh komunitasa saat ini.

·         Realisasi CGI

Sekarang jaman telah berubah, Kalau dulu CGI hanya bisa direalisasikan dengan menggunakan bahasa C, sekarang CGI justru lebih banyak direalisasikan dengan Perl. Perl merupakan sebuah bahasa pemrograman yang diperkenalkan oleh Larry Wall, sejak diperkenalkan pertama kali, perl bertumbuh begitu cepat sehingga akhirnya menjadi pilihan utama untuk merealisasikan CGI.
Walaupun demikian CGI bisa juga direalisasikan dengan banyak bahasa pemrograman lain. Mulai dari C, Perl, Python, PHP, Tcl/Tk, hingga sript shell pada UNIX/LINUX.

·         Konsep Client SERVER

Konsep yang paling penting untuk memahmi CGI adalah konsep client server. Mengapa? Karena konsep ini merupakan kunci untuk memahmi perpindahan data dalam jaringan computer. Dengan memahami konsep ini kita dapat memahami cara kerja berbagai utilitas yang ada di internet.
Server adalah pemilik informasi yang menyediakan dirinya untuk memberikan service atau layanan. Kita mungkin sering mendengar istilah web server. Web server merupakan penyimpan data web. Misalnya computer A menyimpan data web miliknya sendiri. Ia memberikan service pada computer yang ingin mengakses data web tersebut. Komputer yang mengajukan permintaan untuk mengakses web milik A disebut client.
Selain web server, masih banyak utilitas server yang lain. Misalnya ftp server, mail sever, dan lain sebagainya. Kalau web server menangani permintaan untuk mengakses web, maka ftp server menangani FTP ( File Transfer Protocol), mail server melayani email, databse server menangani database dan seterusnya.
Lalu apakah sebuah omputer akan selamanya menjadi client dan computer lain selamanya menjadi server? Tidak. Istilah client dan server disini tidak sekaku itu. Misalkan anda memakai computer B untuk mengakses website milik A, maka pada kondisi ini yang bertindaksebagai sever adalah A sedangkan client adalah B. Sebaliknya bila seorang pengguna (user) dari computer A mengakses web milik B, maka disini server adalah B, sedangkan clientnya adalah A.
Sebuah computer yang sama bahkan bisa menjadi client sekaligus sever, bila ia menyimapn data web miliknya senidi, dan inin mengakses data web tersebut.

·         Mengapa belajar CGI ?
Untuk alasan keamanan, banyak programmer web lebih memilih menggunakan CGI disbanding client-side script. Bila anda hendak melihat script CGI dengan fasilitas View Source/Page Source pada browser , yang terlihat hanyalah File HTML biasa dan CGI nya tidak akan ditemukan. Mengapa ? karena yang dikirimkan kepada web browser adalah hasil eksekusi program CGI tersebut. Inilah kelebihan CGI dibandingkan dengan client-side script.



Bagaimana bila CGI dibandingkan dengan server-side script lainnya ?
Perbandingannya dapat diberikan sebagai berikut:

ü  CGI vs ASP
CGI merupakan utilitas pemrograman yang telah diperkenalkan sejak era web dimulai. Dibandingkan dengan ASP yang baru muncul setelah Microsoft meluncurkan IIS (Internet Information services) dan PWS ( Personal Web Server), CGI jauh lebih matang dalam kemampuan dan pustakanya.

ü  CGI vs PHP
PHP sejak semula memang diciptakan dengan tujuan berbeda dengan CGI. Kalau CGI diciptakan untuk memberikan kemampuan pemrograman terhadap website, maka pHP diciptakan sebagai tool untuk mempermudah pembuatan hompage pribadi. Karena itu CGI memiliki kemampuan pemrograman yang lebih luas dari pada PHP. PHP sendiri menang dari CGI dalam hal kemudahan pemakaian.

ü  CGI vs Java
Java saat ini sendang meledak didunia teknologi informasi. Tetapi apakah java akan sanggup menggantikan CGI, hal itu masih merupakan tanda Tanya. Yang pasti, hingga saat ini untuk pemrograman web yang paling banyak digunakan adalah CGI , dibandingkan dengan Java, masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.


Mana yang anda pilih? Semuanya tergantung pada kita dan program berbasis web yang ingin kita buat. Kalau kita misalnya ingin membuat program-program sederhana seperti counter dan bukutamu , mungkin menggunakan PHPP lebih memudahkan anda. Jika kita inginmembuat sebuah chatroom ataupun aplikasi lain yang berorientasi pada jaringan, Java adalah pilihan paling tepat. Tetapi , jika anda ingin membuat sebuah database dan mesin pencari (search engine), maka CGI mestinya menjadi pilihan utama.

Sumber  :
“Andi Yogyakarta 
http://kartikopramudito.blogspot.co.id/2016/03/web-science_20.html
Yuhefizar dalam 10 Jam Menguasai Internet, Teknologi &Aplikasinya, 2008
http://books.google.co.id/books?id=9fqjk7jC940C&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false


Tidak ada komentar:

Posting Komentar