Rabu, 23 Maret 2016

Menambahkan Link HyperText ke Web page

Menambahkan Link Hypertext ke Web Page Halaman Web memiliki keuntungan yang berbeda atas dokumen kertas: halaman Web, seperti dokumen kertas, dapat memiliki link hypertext ke halaman lain, baik di situs Web yang sama atau di situs lain. Daripada balik halaman sebanyak mereka akan ketika membaca buku, pengunjung situs klik pada link hypertext untuk pindah dari halaman ke halaman (atau situs ke situs). Link hypertext adalah kata tunggal atau kelompok kata yang di atasnya pengunjung mengklik untuk menginstruksikan browser Web untuk mengambil halaman web (atau file lain) dari server web. Untuk pengunjung situs, link hypertext yang khas muncul pada halaman Web sebagai teks digarisbawahi.

Biasanya, browser Web menggunakan satu warna (seperti biru) untuk mewakili link hypertext ke halaman web belum dikunjungi, dan warna lain (seperti ungu) untuk link ke halaman browser baru-baru ini diambil. Untuk membuat link hypertext, tempat set awal dan akhir tag anchor ( ) di sekitar teks di mana pengunjung adalah untuk klik untuk mengaktifkan link. (Hypertext adalah teks antara awal dan akhir tag anchor.) Kemudian, mengatur atribut href dalam dengan letak dari file browser untuk mengambil ketika pengunjung mengklik pada hypertext tersebut. 

Ketika pengunjung mengklik pada digarisbawahi kata-kata (atau di antara mereka) dalam contoh ini, web browser akan memuat halaman web dalam file bernama info.htm. Perhatikan bahwa Anda menempatkan atribut href dalam tag dan hypertext itu sendiri di luar tag antara awal dan akhir tag anchor ( ). Untuk membuat link ke sebuah halaman Web di situs Web lain, termasuk URL situs bersama dengan nama file halaman Web dalam atribut href. Sebagai contoh, kode berikut membuat link hypertext ke halaman indeks (yaitu, halaman rumah

 Ketika pengunjung mengklik situs manapun di "Klik di sini untuk pergi ke Anywhere.com" (yaitu, di mana saja pada teks hyperlink's jangkar), browser Web akan mengambil (dan menampilkan) dokumen homepage (index.html) dari www.anywhere com situs. Web. Jadi, dalam contoh ini, nilai atribut href (href = "http://www.anywhere.com/index.html") membuat link hypertext antara halaman Web di situs Anda dan (homepage) index.html dokumen di situs Web www.anywhere.com. Perlu diketahui bahwa Anda juga dapat membuat hyperlink ke homepage situs Web dengan menyediakan hanya URL situs (tanpa halaman indeks nama file) dalam atribut .
Selain menggunakan link hypertext untuk berpindah dari dokumen ke dokumen, atau situs ke situs, Anda dapat menggunakan link hypertext untuk membiarkan file pengunjung download dari situs Web.

Anda dapat membuat halaman Web Anda interaktif dan user-friendly dengan menambahkan link hypertext yang memungkinkan pengunjung men-download file dan navigasi halaman di situs Anda atau ke situs lain. Bila Anda membuat link hypertext, pastikan hypertext atau teks yang mendahului atau mengikuti hyperlink menjelaskan, dalam kata-kata mudah-tounderstand, persis apa yang akan terjadi ketika pengunjung mengklik teks untuk mengaktifkan hyperlink. Selain itu, karena sebagian besar Web surfer mengasosiasikan digarisbawahi teks dengan link hypertext, hindari penggunaan awal dan akhir tag menggarisbawahi (
untuk menekankan teks dalam dokumen Web. Untuk menekankan suatu kata atau kelompok kata dalam sebuah dokumen Web memilih gaya seperti bold, italic, atau mengubah jenis huruf, warna, atau ukuran teks.

Sumber :
Sunarto dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk SMA/MA, 2006


Tidak ada komentar:

Posting Komentar