Kamis, 19 Mei 2016

Bagaimana membuat struktur website yang disukai google

Struktur situs yang terencana dengan baik dapat meningkatkan ranking anda di hasil pencarian Google.  Kali ini kita akan belajar bagaimana mengatur struktur situs anda agar search engine dapat menemukan konten yang terbaik dan profitable dari situs kita dan pengunjung pun memiliki pengalaman yang menarik selama mereka berkunjung ke situs kita.
Kenapa struktur situs sangat penting bagi kesuksesan anda 
Saya ingin anda membayangkan bahwa anda akan memulai membangun rumah impian anda. Boleh dengan style apapun yang anda suka, dengan banyak ruang seperti yang anda inginkan. Anda dapat memiliki kolam renang indoor yang besar, perpustakaan yang keren dan bioskop indoor dengan ukuran yang besar pula.
Bagaimana anda memulai project tersebut? Di mana anda akan memulainya?
Sepertinya tidak mungkin anda langsung memulai membangun fondasi sebelum membuat rencana arsitekturnya. Anda pasti ingin rumah ini terasa nyaman, mudah untuk berkeliling di dalamnya, dan tata letaknya yang logis, namun intuitif. Ini sama seperti situs anda.
Merencanakan struktur situs anda, mulai dari navigasinya, logika, dan mengetahui keyword yang anda targetkan adalah hal yang sangat penting bagi kesuksesan situs anda untuk menarik traffic.
Faktanya, struktur situs anda, seperti bagaimana page anda dapat terhubung satu sama lain adalah kunci dari bisnis plan anda yang merupakan hal yang sangat penting.
Namun, struktur suatu situs itu ditentukan oleh disainer dari situs itu sendiri. Sebagian besar desainer web yang saya kenal itu sangat kreatif, mereka memiliki ide yang hebat, dan biasanya mereka menghasilkan situs dengan tampilan yang indah. Tetapi, hanya sedikit dari desainer web yang memiliki pengetahuan yang baik tentang SEO, jadi apa yang sering kami temukan adalah situs dengan tampilan yang indah, tetapi tidak memiliki banyak traffic.
Anda dapat memperbaikinya apabila anda memiliki budget marketing yang besar. Jika tidak maka situs anda akan menjadi tempat yang sepi.
Kenapa struktur situs sangat penting 
Struktur situs dan navigasi sangatlah penting untuk tiga alasan berikut (Semuanya adalah hal yang  fundamental bagi SEO):
Indexing – membantu search engine untuk menemukan page/halaman situs anda.
Hanya page yang diindex Gooole  yang dapat muncul di halaman hasil pencarian Google.
Link Power – Mendistribusikan semua link anda ke semua page/halaman anda
Link Power berasal dari situs lain yang terhubung dengan situs anda. Dan tentunya dengan kompetisi keyword. Ini adalah factor yang penting untuk memutuskan dimana page/halaman anda akan muncul di hasil pencarian search engine/Google.
Usability – mambantu user menemukan konten apa yang mereka ingin dengan cepat (dengan klik yang sedikit mungkin).
 Mari lihat situs yang sesungguhnya
Ayo lihat struktur situs yang sebenarnya agar anda dapat mengerti apa yang saya maksudkan.
Ketika anda menghubungkan page dari home page atau navigasi utama anda, itu berarti anda menyatakan bahwa link yang terhubung dengan page anda tersebut adalah hal yang penting.
Lihatlah bagaimana  Amazon.com menghubungkan link-nya ke page yang ingin ditemukan user.
Bagaimana kekuatan link bekerja
Di tahun pertama Google, mereka bernama Backrub. Nama ini didapat dari istilah backlink – link yang mengarahkan dari satu situs ke situs lainnya. Tidak seperti search engine lainnya pada waktu itu, Google tidak hanya mengindeks teks di dalam halaman tersebut untuk memahami isi dari halaman itu, ia juga mencari link yang mengarahkan ke situs tersebut. Seperti yang kita tahu, halaman yang memiliki ranking yang baik di Google adalah karena mereka memiliki link di situs lain.
Cara kerja Google berbeda dengan search engine yang lain. Ia memperlakukan setiap link sebagai sebuah vote. Halaman anda akan mendapatkan ranking yang baik apabila halaman anda memiliki banyak vote (link).
Anda dapat membantu Google dalam menentukan halaman mana yang perlu ditingkatkan ranking-nya dengan cara mengarahkan link situs anda ke halaman tersebut.
Halaman mana yang sangat penting dari situs anda ?
Sebelum anda merencanakan internal linking, anda perlu mengetahui halaman mana yang sangat penting di situs anda. Jadi, bagaimana untuk menemukan halaman yang penting tersebut ?
Jika anda menjual produk, anda dapat melacak penjualan anda di Google Analytics. Anda dapat menemukan halaman yang mana yang menghasilkan pendapatan dan keuntungan.
Jika anda seorang blogger yang menghasilkan uang lewat iklan, anda pasti ingin mempromosikan halaman anda agar dapat menghasilkan banyak traffic dan klik pada iklan anda. Anda juga dapat mencarinya di Google Analytics.
Jika anda belum memiliki akun Google Analytics, buatlah sekarang juga!!
Menghubungkan halaman yang paling penting di situs anda
Saat anda telah menemukan halaman yang penting tersebut atau yang menghasilkan banyak keuntungan , anda harus memastikan struktur situs anda dapat membantu anda untuk mempromosikan halaman tersebut.
Mari lihat contoh situs “bead” ini. Ini adalah model yang sangat simple, hanya ada tiga kategori, dan tiga halaman konten di setiap kategori. Dalam kenyataannya, anda akan memiliki lebih banyak dari ini. Bisa kita lihat bahwa struktur situsnya flat (ini merupakan hal yang bagus).
Kesimpulan
Kami telah memberikan banyak informasi. Mari kita rekap. Ketika merencanakan untuk membuat situs, sebaiknya anda:
  • Melakukan riset terhadap target keyword sebelum memutuskan untuk membuat struktur situs anda. Baca : Cara menggunakan Google Keyword Planner
  • Gunakan hasil dari riset keyword anda tersebut untuk memutuskan keyword yang mana anda akan targetkan ke home page anda, halaman kategori, halaman produk, dan postingan blog.
  • Ciptakan struktur situs yang flat – dengan semua halaman anda dekat dengan home page
  • Pastikan halaman yang paling penting di situs anda mendapatkan link dari lua
Sumber :
http://startupbisnis.com/belajar-bisnis-online-bagaimana-membuat-struktur-website-yang-disukai-google/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar